Monday 23 February 2015

Mengatasi FPS Drop / Stutter Saat Bermain Game [Part II]

Ya ini merupakan lanjutan dari postingan yg tadi (Part I). Gausah basa basi, langsung aja berikut lanjutan tutornya :: 

B. Update Driver GPU. Ini merupakan cara yg bisa dibilang cukup ampuh untuk mengatasi Stutter. Bisa saja Driver GPU kalian sudah Out Of Date/kadaluwarsa. Sehingga banyak fitur terbaru yg belum tersedia di Driver GPU kalian.
- Download Drivernya 
Untuk NVidia bisa di download di SINI
Untuk ATI/AMD bisa di download di SINI  
*driver disesuaikan dengan model GPU masing-masing
- Uninstall terlebih dahulu Driver yg lama/sebelumnya telah terinstall. Caranya seperti menguninstall   aplikasi seperti biasanya. (melalui CP, uninstall program).
- Biasanya setelah menguninstall Driver, sistem akan meminta untuk Restart, jadi ya Restart PC/Lepi   kalian.
- Setelah merestart, install Driver yg tadi sudah didownload. (Install seperti biasa, jika ada pilihan metode install, lebih baik pilih "Express" agar memudahkan proses Installasi).
- Selesai proses Installasi, Restart PC/Lepi kalian.
- Setting terlebih dahulu tampilan pada control panel driver kalian (klik kanan, NVidia control panel/AMD Catalyst control panel). Saya sarankan untuk mensetting dengan prefer ke "Performance" agar mendapat kinerja yg maksimal. Setelah itu jgn lupa klik "Apply" dan close aplikasinya.
- Enjoy your game

C. Turunkan Settingan Visual Pada Game Jika masih terasa stutter maupun lag, turunkan kualitas visual pada game yg kalian mainkan. Biasanya ini terdapat pada menu Option di dalam game. *biasanya kualitas texture sangat berpengaruh terjadinya stutter

D. Gunakan Aplikasi Pendukung Untuk Mengoptimalkan Game Aplikasi pendukung ? ya, tapi maksud saya di sini bukan Game Booster dan antek-anteknya, Melainkan Aplikasi resmi dari vendor pembuat GPU kalian. Geforce Experience untuk NVidia, dan Raptr Gaming Evolved untuk AMD Biasanya aplikasi seperti ini sudah satu paket dengan Driver. Tetapi jika kalian tidak menemukannya di PC/Lepi kalian, jgn khawatir, kalian dapat mendownloadnya.
Untuk GF Experience bisa kalian download di SINI
UntukAMD Gaming Evolved bisa kalian download di SINI
Cara menggunakannya cukup sederhana, Aplikasi akan secara otomatis menscan game yg terdapat pada PC/Lepi kalian, dan mendownload data/informasi kecocokan antara hardware kalian dengan gamenya. Kalian hanya tinggal mengklik "Optimize" dan "Launch" saat akan memainkannya.

Jika kalian sudah mencoba semua cara di atas, tetapi masalah stutter dan lag masih terjadi, mungkin hardware kalian memang tidak memenuhi syarat minimal untuk menjalankan game tersebut. Sekian tutor yg dapat saya bagikan, bila ada kesalahan mohon koreksinya.

No comments:

Post a Comment